Memulai Project Dengan CodeVision AVR

Written by Iccank. Posted in Programming

Dalam pemrograman AVR terdapat dua kompiler yang sering digunakan dalam memulai sebuah project yaitu CodeVisionAVR dan AVR Studio yang biasanya terintegrasi dengan WinAVR (kompiler AVR open source) dimana masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, Namun kompiler yang akan dipakai kali ini adalah CodevisionAVR karena selain library yang lengkap juga mudah dipelajari bagi pemula yang ingin belajar mengenai mikrokontroler.

Untuk memulai project pada CodeVisionAVR tak harus melakukan coding dari awal seperti halnya WinAVR, cukup dengan mengatur jendela wizard maka program akan tergenerate secara otomatis. Untuk cara memulai project pada CodeVisionAVR dapat dilihat pada gambar berikut :

Tampilan ketika pertama kali membuka program.

01

Selanjutnya pilih menu "File -> New" maka akan tampil seperti jendela dibawah

02

Pilih "Project" lalu "OK" selanjutnya akan muncul jendela konfirmasi seperti gambar dibawah

03

Pilih "Yes" lalu akan muncul CodeWizardAVR yang dimana disini merupakan pengaturan awal program seperti apa yang akan dibuat yang nantinya akan digenerate menjadi script program bahasa C mikrokontroler

04

Seperti Jendela untuk pengaturan Chip mikrokontroler dan frekuensi kristal yang dipakai

05

Pengaturan PORT I/O untuk dijadikan sebgai keluaran atau masukan serta pengaturan lainnya tergantung program apa yang akan kamu dibuat

06

Setelah semuanya pengaturan beres silahkan pilih "File -> Generate, Save and Exit" untuk menyimpan tiga file program utama Project

07

Pertama File script program dalam bahasa C dengan Extention ".C"

08

Kemudian File Project CodeVision AVR itu sendiri dengan Extention ".prj"

09

Dan yang terakhir File CodeWizardAVR berupa file pengaturan tadi dengan Extention ".cwp".

Setelah semua file sudah tersimpan maka waktunya oprek program dan mainkan logika..!! :)

10

Untuk mengompile program tekan "Ctrl + F9" maka akan muncul jendela pemberitahuan bahwa program yang dibuat telah dicompile dan siap untuk dimasukkan ke dalam chip mirokontroler seperti gambar dibawah:

compile

Selanjutnya jika ada yang belum jelas silahkan bertanya pada kolom komentar.

Semoga berguna!!

Comments (2)

700 characters remaining

Cancel or

  • aguss
    gan,ane masih bingung nih cara masukkan program ke micro,apakah ketiga file tersebut (c-prj-cwp) dimasukkan semua ke micro atau gimana??
  • Iccank Devilz
    @aguss Hanya file hasil compile dengan extensi .HEX yang dimasukkan ke mikrokontroler sob.. tentunya pake downloader.. :)